Monday, May 11, 2015

Apa Sih Sarimbit Itu?

Apasih Sarimbit Itu? Bingung? Sama. Mencari padanan kata untuk Sarimbit Ini gampang-gampang susah. Lah? Iya, yang ada cuma gambar melulu. Bingung kan? Oke, jadi mudahnya, sarimbit adalah batik couple atau batik berpasangan. Jadi model desain batiknya itu berpasangan baik laki-laki maupun perempuannya. Biasanya ada nih batik sarimbit untuk pasangan muda, ada yang untuk satu keluarga, bahkan ada yang untuk keluarga besar (seperti dalam acara pernikahan tuh, ada kan model batik sarimbit yang digunakan oleh para penerima tamu). Bisa dilihat gambarnya dibawah ini,

Memilih model batik sarimbit terbaru emang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, pertama yaitu ukuran badan. Jika badan masuk dalam ukuran S, M, atau L mungkin mudah mencari sarimbit ini. Untuk ukuran diatas atau dibawah itu cukup sulit dan harus menjahit sendiri. Kedua, model batik dan warnanya. Tidak semua warna cocok dipakai. Atau tidak semua model terlihat bagus. Batik memang memiliki nuansa khas daerah, tapi sesuaikan juga dengan seleramu. Terlalu rumit modelnya juga terkesan tidak seimbang dengan pasangan nantinya. Toh, sarimbit adalah model batik berpasangan. Jadi usahakan carilah model sarimbit yang benar-benar cocok untuk dipakai.
Berapa harga yang ditawarkan untuk busana sarimbit? Biasanya sih berkisar antara harga Rp 200.000 hingga jutaan rupiah. Seperti yang telah dijelaskan tadi, tergantung dari model sarimbit itu sendiri. Sarimbit muslim munkin jauh lebih mahal. Untuk sarimbit dengan jilbabnya, harus menambahkan biaya lagi membeli jilbab yang cocok baik dengan warna atau modelnya. Nah, satu lagi, sarimbit memang lebih terikat karena berpasangan menggunakannya. Sehingga sekali mengeluarkan biaya untuk pembuatan sarimbit, kedepannya bisa  berhemat karena tidak perlu buat berulang-ulang untuk berbagai macam acara kondangan/pernikahan.

No comments:

Post a Comment